Binkam

Antisipasi Tahanan Kabur, Piket Perwira Pengawas Cek Ruang Tahanan

jateng.tribratanews.com, Pekalongan Polda Jateng – Kasat Binmas Polres Pekalongan AKP Guntur Tri Harjani, S.H selaku Piket Perwira Pengawas (Pawas) pagi tadi Kamis (26/10/2017) dengan didampingi Anggota Piket jaga tahanan melaksanakan kegiatan pengecekan dan pemeriksaan rutin Ruang tahanan Polres Pekalongan.

Kegiatan pemeriksaan tahanan merupakan hal yang wajib bagi anggota yang melaksanakan Piket Pawas pada saat itu. Selain melaksanakan pengecekan jumlah tahanan, juga dilakukan pengecekan kebersihan masing-masing ruang tahanan.

Selama pelaksanaan pemeriksaan dan pengecekan ruang tahanan tersebut, jumlah tahanan lengkap terdapat 30 orang dalam keadaan sehat. Adapun kondisi sel jeruji ruang tahanan dalam keadaan baik serta tidak di ketemukan barang bawaan yang mencurigakan atau barang yang membahayakan lainnya.

Dijelaskan AKP Guntur Tri Harjani, S.H selaku Piket Perwira Pengawas bahwa sasaran dari kegiatan pengecekan dan pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui jumlah tahanan, keamanan tahanan, kesehatan tahanan serta barang-barang yang tidak boleh berada di dalam tahanan, seperti korek api, sarung, senjata tajam, sendok besi dan barang berbahaya lainnya. Selain itu juga kondisi ruangan tahanan tidak luput dari pemeriksaan kami. Ungkap AKP Guntur.

Saat melaksanaan pemeriksaan ruang tahanan  tersebut AKP Guntur Tri Harjani, S.H selaku Piket Perwira Pengawas selalu menghimbau kepada seluruh tahanan agar saling menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan.

“Jangan ada pelanggaran dan memasukkan  barang yang membahayakan, dan apabila ada keluhan maupun sakit untuk segera disampaikan atau dilaporkan ke petugas piket jaga tahanan agar segera dilakukan pengobatan,” tegas Piket Pawas

AKP Guntur  menambahkan bahwa kegiatan Cek dan kontrol tahanan oleh anggota piket jaga tahanan  merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap satu jam sekali, hal ini bertujuan untuk kontrol tahanan oleh anggota piket tersebut guna antisipasi kejadian tahanan melarikan diri, ungkap AKP Guntur. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Berita Terkait