Binmas

Sejumlah Anggota Polisi Ikut Tabuh Gamelan Saat Patroli Berlangsung

jateng.tribratanews.com, Wonogiri – Guna menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif, Patroli Polsek Eromoko secara rutin melaksanakan sambang dan binluh pada warganya di malam hari, Selasa (24/10/2017) pukul 21.00-23.30 Wib

Patroli yang dipimpin Ka SPKT Aiptu Suwanto bersama Briptu Alfian Indra Luqmana menyambangi warga dusun pucung lor Desa Pucung yang sedang berlatih gamelan. Pada kesempatan tersebut Aiptu Suwanto bergabung berlatih gamelan, karena tidak sedikit kebudayaan lokal tradisional yang semakin luntur dan lepas dari akarnya.

Seperti kesenian gamelan yang sempat menjadi kesenian unggulan khas Jawa namun sekarang banyak kaum muda yang tidak mengenalnya. Bahkan enggan untuk mempelajarinya, atas dasar itu Nggota Polsek yang sedang berpatroli ikut bergabung latihan kesenian bersama, sambil memberikan binluh dalan menjaga Kamtibmas.

Kapolsek Eromoki AKP Suyani mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora menambahkan, gelar latihan gamelan tersebut merupakan salah satu wujud konservasi nilai  warisan budaya bangsa yang wajib dilestarikan terutama pada generasi muda sebagai pewaris Bangsa.

“Semoga akan menjadikan pemicu bagi masyarakat untuk lebih mencintai budaya lokal warisan leluhur, terutama kaum muda,” kata Kapolsek Eromoko.

Kehadiran anggota polisi ditrngah-tengah masyarakat diharapkan mampu msmberikan rasa aman terhadap masyarakat. Mengingat sekarang ini banyak tindak kriminalitas yang terjadi di hampir seluruh wilayah Wonogiri.

Untuk itu, kehadiran polisi selain bersilaturahmi juga memberikan pemahaman dan himbauan pada masyarakat untuk tetap waspada. Pasalnya sekarang ini tindal kriminalitas sudah tidak memandang waktu dan tempat, bahkan korbannya.

“Kembali ke topik gamelan merupakan salah satu budaya atay kearifan lokal masyarakat untuk tetap bersosialisasi, tanpa meninggalkan budaya yang ada,” tutupnya.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

(Polsek Eromoko)

Berita Terkait