Binmas

Jaring Aspirasi Warga, Kapolres Batang Melakukan Kunker Ke Polsek Bawang

jateng.tribratanews.com, Batang – Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga beserta jajarannya, termasuk ibu-ibu bhayangkari melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Polsek Bawang, Selasa (24/10) siang. Tujuan kegiatan itu dalam rangka menjaring aspirasi serta lebih mendekatkan diri dengan masyarakat.

”Paling tidak, kami bisa mendengarkan keluhan maupun keinginan warga di sini,” tandasnya.

Dalam menjalankan kinerjanya, dia punya prinsip agar selalu peduli dengan lingkungan, khususnya masyarakat. Hal itu seperti pesan yang pernah dikatakan orangtua saya yakni dalam hidup ini supaya “Nguwongke Uwong_red” ( menghargai sesama manusia).

“Makanya semua jajaran Polres Batang agar bisa menerapkan cara kerja tersebut sehingga dalam bermasyarakat bisa saling menghormati,” kata Kapolres.

Menurutnya, saat ini masyarakat sangat merindukan sosok polisi yang humanis dan tidak arogan. Dengan demikian tidak ada lagi masyarakat yang datang ke kantor Polisi dengan perasaan takut.

”Saya akan mencoba menanggapi semua aspirasi warga di sini. Mari diskusi dengan serius tapi santai,” katanya.

Kapolsek Bawang AKP Gumana mengatakan Wilayah Kecamatan Bawang di sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo dan sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Tersono.

Selama ini, semua stakeholder di wilayah kerjanya selalu bisa bekerjasama dengan baik. Mulai dari muspika, tokoh agama, dan tokoh mayarakat, ketika ada peristiwa atau kejadian langsung berkoordinasi sehingga lebih cepat teratasi.

Mengenai keberadaan dan kehidupan di daerah Bawang, untuk kegiatan keagaman sangat harmonis dan bagus. Ketika ada perayaan Natal dari anggota banser juga berpartisipasi membantu melaksanakan pengamanan.

Sedangkan camat Bawang, Yarsono mengaku bersyukur dengan kedatangan Kapolres Batang dan jajarannya.

Di wilayah kecamatan Bawang terdapat 20 Desa, salah satunya yang memimpin ada yang wanita yaitu Srinarti yang memimpin Desa Purbo. Dalam menjalankan tugasnya, selaku pejabat tingkat kecamatan selalu bersinergi dengan Kapolsek Bawang.
”Intinya kami sudah bekomitmen mengajak seluruh tokoh masyarakat dan agama untuk bersama-sama membangun Bawang,” katanya.

Ditambahkan, Kecamatan Bawang sudah ada MOU dengan Kepolisian, Kementerian desa tertinggal dan Kemendagri terkait dengan adanya dana DD. Kerjasama ini dilakukan guna mengawasi dan mencegah agar tidak terjadi penyelewengan anggaran.

“Mudah-mudahan dengan kedatangan Kapolres Batang ke daerahnya, situasi kamtibmas menjadi sejuk,” kata Camat.

Dalam pertemuan itu sempat digelar forum diskusi dimulai oleh Kepala Desa Bawang.

Berita Terkait