Binkam

Warga Padaan Japah Temukan Granat Nanas Peninggalan Belanda

jateng.tribratanews.com, Blora – Sebuah Granat aktif yang pemantiknya rusak ditemukan di lokasi pekarangan perumahan di desa Padaan Kecamatan Japah Blora. Sontak, hal tersebut membuat warga setempat gelisah.

“Saya lagi menggali tanah untuk pembuangan sampah, sampai kedalaman 1,5 meter,” kata Sugeng (46), Selasa (24/10/2017).
Sampai kedalaman itu, Sugeng mendapatkan sebuah benda seperti batu. Benda tersebut kemudian dinaikkan lalu dibuang ke tempat puing-puing bekas pembangunan.
“Sadarnya tadi, saya kira adalah batu, tidak tahunya adalah Granat  ,” ujarnya.
Temuan Granat itu  membuat heboh warga setempat, barang Temuan kemudian diamankan oleh warga setempat dan dilaporkan ke Polsek Japah untuk ditindak lanjuti. Tak lama berselang, Kapolsek Japah Kompol Daryoto bersama anggota datang menemui warga yang mengamankan Granat tersebut untuk mengambilnya guna diamankan di kantor Polisi Japah.
Tak ingin mengambil resiko, Berbekal ilmu cara menjinakan Bom. Kapolsek Japah Kompol Daryoto dapat mengevakuasi Granat tersebut kemudian diserahkan ke Polres Blora
Dari hasil penyelidikan sementara, granat yang ditemukan tersebut berjenis nanas. Diduga, granat aktif itu merupakan peninggalan Belanda pada zaman penjajahan dulu.
“Barang bukti sudah dibawa diserahkan ke bagian Jihandak Polres Blora,” kata Kompol Daryoto .(Humas Polres Blora)

Berita Terkait