Antisipasi Banjir di Wilayah Kalinyamatan

jateng.tribratanews.com, Jepara Polda Jateng – Setiap musim penghujan di wilayah Batukali Kec. Kalinyamatan Kab. Jepara menjadi desa terakhir yang menjadi tempat pengiriman air dan sampah, sedangkan untuk infrastruktur pengelolaan air yang ada  sudah tidak mumpuni karena di samping bangunan sudah tua juga tidak bisa menampung debit air maupun sampah  pada saaat ini,  termasuk tumbuhan enceng gondok menyebar hampir di semua bentangan sungai, sehingga dapat menahan laju air saat musim hujan yang berdampak bisa merendam persawahan di beberapa desa hingga ke Kec. Welahan diantaranya Desa Gua Sobokerto, Desa Sidigede, Desa Karanganyar sedangkan untuk Wilayah Kalinyamatan sendiri  meliputi Desa Sendang,  Desa Manyar Gading, Desa Bandung Rejo dan Desa Batukali, Senin (23/10/2017).

“Kami telah melakukan koordinasi dengan Pemdes Batukali, bahwa Pemerintah Desa Batukali melakukan pembuatan filter yang berfungsi menahan sampah yang terbawa air di jembatan sisi timur Desa Batukali yang terbuat dari Jeruji besi, menyiapkan tenaga relawan untuk mengangkat sampah yang tertahan di filter sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir” ucap Bhabinkamtibmas Desa Batukali Bripka Albert.

Hal ini dikuatkan dengan pernyataan Kapolsek Kalinyamatan AKP Edi Purwanto yang telah melakukan koordinasi dengan DPU Kab. Jepara untuk menyiagakan escavator dan truk sampah pada saat turun hujan yang dapat berpotensi datangnya banjir.

(Humas Polres Jepara)

Exit mobile version