Satlantas Polres Pubalingga Beri Pelatihan Anggota Baru Patroli Keamanan Sekolah

jateng.tribratanews.com, Purbalingga – Unit Dikyasa Satlantas Polres Pubalingga memberikan pelatihan Patroli Keamanan Sekolah ( PKS ) di SMA Negeri 1 Bukateja. Pelatihan diberikan kepada anggota baru ekstrakulikuler PKS di sekolah tersebut, Sabtu (21/10/2017).

Dipimpin oleh Kanit Dikyasa Ipda Sumardi, sejumlah 20 siswa anggota baru PKS mendapatkan pelatihan. Materi pelatihan mulai dari penjelasan tertulis hingga memperagakan gerakan pengaturan lalu lintas.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Purbalingga Ipda Sumardi mengatakan bahwa pelatihan yang dilakukan merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan. Pelatihan terhadap anggota baru PKS dari siswa kelas XI yang menggantikan kakak kelas mereka yang sudah naik ke kelas XII.

Dalam pelaksanaan pelatihan diberikan materi yang salah satunya tentang gerakan pengaturan lalu lintas. Gerakan ini merupakan bekal awal yang harus dimiliki dan dikuasai anggota Pateoli Kemananan Sekolah.

“Gerakan pengaturan lalu lintas nantinya digunakan anggota PKS untuk membantu mengatur lalu lintas dan menyeberangkan siswa di depan sekolah saat berangkat maupun pulang sekolah,” jelasnya.

Dengan pelatihan yang diberikan diharapkan mampu menambah pengetahuan siswa tentang PKS. Selain itu mahir dalam membantu Polisi dalam pengaturan arus lalu lintas di depan sekolah. Hal ini penting agar mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas maupun kemacetan arus.

Selain dari Satlantas Polres Purbalingga, anggota baru PKS juga mendapatkan pembinaan dari Polsek Bukateja. Materi yang disampaikan terkait peraturan baris berbaris dan penyuluhan tentang penyalahgunaan narkoba.

Kepala SMA Negeri 1 Bukateja Nur Samsudin, mengucapkan terima kasih atas pembinaan dan pelatihan yang diberikan pihak kepolisian. Harapannya dengan pembinaan dan pelatihan menambah kemampuan anggota PKS di sekolah yang dipimpinnya.

( Humas Polres Purbalingga Polda Jateng )

Exit mobile version