All Out, Polres Purworejo Amankan Sendratari Kolosal

jateng.tribratanews.com, purworejo –   Polres Purworejo amankan Pegelaran Sendratari mengenang kembali sejarah Bumi Kayu Arahiwang dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Purworejo yang ke 1116.Pada hari Sabtu Tanggal 21 Oktober 2017 pukul. 20.00 sd 22.15 Wib Anggota Polsek Purworejo bersama dengan anggota Polres Purworejo Polda Jateng melaksanakan pengamanan Pagelaran Sendratari dalam rangka rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo yang ke 1116 .

Pagelaran Sendratari ini diselenggarakan  di Tugu Gunungan Barat Alun-alun Purworejo, Jalan Setiabudi, dengan mengambil cerita “Gumbregahing Bumi Kayu Arahiwang” mengenang kembali Bumi Kayu Arahiwang menjadi Shima yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo.

Pagelaran ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Purworejo, Ketua DPRD Kabupaten Purworejo,Kapolres Purworejo,  Forkopimda Kabupaten Purworejo, Kepala OPD sekabupaten Purworejo, Kepala BUMN dan BUMD, Asiten Bupati dan Kabag Setda Purworejo, Muspika Purworejo. Dalam sambutannya Bupati Purworejo menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya bpk TRI HANDOYO MM staf ahli Bupati bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, dan dengan usia yang sudah mencapai 1116 tahun diharapkan Kabupaten Purworejo dapat makin dewasa, Toto Titi Tentrem Kerto Raharjo.

Acara malam ini ditampilkan Pagelaran Sendratari dimainkan oleh Sanggar tari Prigel dengan menampilkan tari rampak buto, tari rakyat, tari bedayan, tari prajurit. Tarian tersebut di kemas dalam cerita dimana bumi kayu arahiwang yang dihuni oleh buto / jin setan hingga banyak gangguan kejahatan namun muncul tokoh masyarakat lokal yang akan menumpas kejahatan tetapi tidak berhasil hingga meminta bantuan Empu Kara hingga kekacauan berhasil di tumpas, selanjutnya raja mataram Dyah Balitung  memberikan anugrah “Shima” atau Tanah Perdikan dengan mengirim Rakai Wanua Poh Dyah Sala putra Sang Ratu Bajra untuk menghadiri pencanangan wilayah kayu arahiwang menjadi “Shima”.Acara kegiatan ini ditonton kurang lebih 1000 penonton dan berjalan aman terkendali.

Humas Polsek Pwr.

Exit mobile version