Reskrim

Polsek Bener, Mediasi SKB Pencurian Cabai Pelaku Anak-Anak

Tribratanewspoldajateng.com, Purworejo –    Pada hari Jum’at tanggal 10 Maret 2017, pukul 09.00 wib bertempat di ruang rapat Polsek Bener Polres Purworejo Polda Jawa Tengah telah dilaksanakan Mediasi Penyelesaian Kasus secara kekeluargaan melalui SKB ( Surat Kesepakatan Bersama ). Bermula pada hari Kamis tanggal 09 Maret 2017, pukul 14.30 wib di Dusun Kalipancer Desa Guntur Kec. Bener Kab. Purworejo telah ditangkap 2 ( dua ) pelaku pencurian cabai yang sedang mencuri dengan cara memetik cabai dikebun milik Sdr. Darnodin. Pelaku bernama Sdr. Andi Mahfud bin Suprihatin warga Desa Guntur dan Sdr. Eko Adi Saputro bin Sarimun warga Desa Kaliboto, keduanya masih anak-anak dan status pelajar. Kemudian dilaporkan ke Polsek Bener berikut pelakunya dibawa ke Polsek. Mengingat pelaku masih anak-anak dan kerugian hanya kurang lebih 2 kg cabai rawit, maka kasus ini disepakati untuk diselesaikan secara kekeluargaan melalui SKB ( Surat Kesepakatan Bersama )

Dalam mediasi ini disaksikan langsung oleh Kapolsek Bener AKP. Kitfirul Aziz, S.Pd.I, dan dipandu Kanit Binmas Aiptu Sumarno. Hadir dalam kesempatan ini kedua pelaku, Sdr. Darnodin selaku korban, Kepala Desa Kaliboto, Kepala Desa Guntur,  orang tua kedua pelaku dan Bhabinkamtibmas Desa Kaliboto dan Desa Guntur. Adapun kesepakatan bersama dalam penyelesaian ini yaitu pelaku telah mengakui kesalahannya selanjutnya meminta maaf serta tidak akan mengulangi lagi. Karena telah mengakibatkan kerugian pihak korban, orang tua pelaku telah mengganti kerugiannya sesuai kesepakatan kedua pihak. Dan kesepakatannya tertuang dalam SKB ( Surat Kesepakatan Bersama ).

Sebagai upaya pembinaan kepada kedua pelaku sekaligus sebagai pengawasan dari Unit Binmas Polsek Bener yang bersangkutan diwajibkan untuk apel di Unit Binmas Polsek Bener setiap hari Senin dan Kamis.Semua pihak menyatakan setuju dan menerima atas penyelesaian sebagaimana telah dilaksanakan.Kegiatan berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

(Lekman Humaspoerdjo)

Berita Terkait