Giat OpsPolairud

Sat Polair Polres Brebes dan Instansi terkait rapat koordinasi membahas tentang keselamatan pelayaran

Tribratanewspoldajateng.com – Brebes. Satuan Polisi Perairan Polres Brebes Polda Jawa Tengah bersama PSDKP Brebes, DKP Brebes, UPP Brebes, TNI AL Kluwut, Ketua HNSI Brebes dan perwakilan masyarakat nelayan Kabupaten Brebes, Kamis pagi (09/02) melaksanakan giat rapat koordinasi di ruang aula kantor UPP Brebes guna membahas tentang keselamatan pelayaran.

Kegiatan rapat koordinasi tersebut di lakukan guna menindak lanjuti permintaan  para nelayan untuk mendapatkan kemudahan dalam pengurusan surat ijin berlayar. Demi menjaga keselamatan para nelayan di laut saat ini dari pihak Sahbandar / UPP Brebes tidak berani mengeluarkan surat ijin berlayar kepada kapal nelayan dikarenakan situasi cuaca buruk hal ini berdasarkan hasil pantauan dari BMKG bahwa kecepatan angin saat ini mencapai 8-9 knot dan tiinggi gelombang mencapai 3-4 meter.

Dari hasil kegiatan rapat kordinasi tersebut telah disepakati bahwa demi menjaga keselamatan para nelayan di laut maka UPP Brebes tidak akan mengeluarkan surat ijin berlayar hingga keadaan cuaca benar-benar aman dan bersahabat. Namun jika para nelayan tetap memaksakan diri untuk dapat segera berangkat melaut maka harus membuat surat pernyataan terlebih dahulu yang dibuat dan di saksikan oleh instansi terkait.

Hasil keputusan rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk mencegah timbulnya konflik baru di lingkungan nelayan mengingat saat ini para nelayan sedang dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan kebijakan-kebijakan dari pemerintah, sekaligus sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang perairan. (Hms/PID Sat Polair)

Berita Terkait