BinkamBrimobNarkobaPolairudReskrim

Tim gabungan Polres, Kodim dan BNN Cilacap lakukan pemeriksaan Lapas Narkotika Nuskambangan

jateng.tribratanews.com/ – Kepolisian Resor Cilacap Polda jawa tengah melakukan pemeriksaan terhadap ruangan sel dan napi di Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Narkotika Nusakambangan. Kegiatan pemeriksaan dilaksanakan untuk mengantisipasi adanya benda benda yang dilarang berada di dalam sel.
Kapolres Cilacap AKBP Yudo Hemanto SIK melalaui Kasubbag Dal Ops AKP Budi Riyadi saat memimpin kegiatan Kamis (5/2/2017) mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan sebagai antisipasi dan menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan agar tidak terjadi kasus nara pidana yang melarikan diri. Lebih lanjut AKP Budi Riyadi menjelaskan bahwa cara bertindak anggota dalam kegiatan pemeriksaan di lapas narkotik  dimana pemeriksaan dilakukan ruangan per rungan. “ Untuk mempermudah pemeriksaan penghuni sel dikeluarhan terlebih dahulu dan dilakukan penggeledahan oleh anggota” ungkap Kasubbag Dal Ops.  Para napi yang sidah dilakukan pemeriksaan sekanjutnya dilakukan pemeriksaan urine oleh anggota BNN Kabupaten Cilacap.
Dalam kegiatan kali ini melibatkan personil gabungan dari Polres, Kodim dan BNN Cilacap dengan jumlah kekuatan 150 perosnil. Dari hasil penggeledahan ditemukan 3 buah handpone, panci listik, setrika listrik, kabel kabel, speker aktif,  korek , pisau dan benda lainnya yang seharusnya tidak berada dialam lapas. Sementara itu kepala BNN Cilacap AKBP Edy Santosa mengatakan bahwa tujuan dari pemeriksaan urine terhadap para napi adalah untuk memberatas peredaran narkotika di dalam lapas.
Dari 280 napi yang dilakukan tes urin ditemukan 10 yang positif mengandung methamethamin, namun dari hasil penggeledahan tidak ditemukan barang bukti narkotika. Semntar itu Kalaps Narkotik Nusakmbangan Agus Heriyanto mengatakan bahwa pihaknya akan  memberikan sangsi kepada para napi yang terbukti positif mengandung methamethamin saat dilakuakn cek urine. Dari hasil temuan beberapa benda yang terlarang berada didalam sel Kalapas mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pemantauan secara berkala dan akan membentuk tim pengamanan khusus.
(Andriyanto Humas Polres Cilacap)

Berita Terkait