Personel Polsek Jajaran Polres Purbalingga Berlatih Aplikasi Panic Button

Tribratanewspoldajateng.com – Dua personel dari masing-masing polsek jajaran Polres Purbalingga mengikuti kegiatan video conference (vicon) dari Polda Jawa Tengah terkait program SMILE Police, Jumat (20/1/2017) pagi. Bertempat di ruang vicon, kegiatan diikuti Wakapolres, Kabag Sumda dan Kabag Ren serta 37 anggota.

Setelah kegiatan vicon selesai, kemudian seluruh anggota polsek yang hadir dilatihkan penggunaan aplikasi Panic Button yang merupakan bagian dari SMILE Police. Panic Button merupakan program yang dibuat untuk memberikan bantuan atau pertolongan secara cepat bagi masyarakat maupun anggota Polri, saat berada dalam situasi bahaya atau gangguan keamanan. Dengan menekan tombol di handphone makan bantuan akan segera datang.

Langkah awal dengan mengunduh aplikasinya melalui google play di masing-masing telepon seluler berbasis android. Selanjutnya dibantu operator yang sudah mendapatkan pelatihan di Polda Jawa Tengah, mereka dipandu untuk penggunaannya.

Setelah aplikasi diunduh, selanjutnya dilakukan registrasi anggota agar dapat login. Setelah teregistrasi selanjutnya mulai login dengan username dan pasword yang sudah dibuat. Selanjutnya aktifkan google maps dan aplikasi panic button sudah siap digunakan.

Setelah siap digunakan, selanjutnya peserta mulai mencoba menggunakan panic button. Wakapolres mengawali dengan menekan tombol SOS sebanyak tiga kali untuk uji coba. Tidak berapa lama handphone salah satu peserta menerima signal tanda bahaya.

Para operator menjelaskan langkah selanjutnya setelah menerima signal tanda bantuan antara lain mencari lokasi pemberi pesan, mendatangi lokasi dan memberikan bantuan ataupun pertolongan. Pesan tersebut juga diterima operator yang ada di comand centre dan mengirimkan anggota mendatangi lokasi.

Terakhir setelah anggota mendatangi lokasi melaporkan hasilnya. Hasil mendatangi lokasi dapat diketahui bahwa pemberi pesan bantuan benar terjadi atau hanya pesan palsu.

Selesai pelatihan, Wakapolres Purbalingga Kompol R. Sihombing, S.H., M.H. berpesan kepada peserta agar apa yang sudah dilatihkan hari ini disosialisasikan kepada seluruh anggota polsek masing-masing. Hal ini agar seluruh anggota sampai tingkat polsek memasang aplikasi panic button di handphone dan dapat menggunakannya.

( Humas Polres Purbalingga )

Exit mobile version