FeaturedGiat Ops

Polsek Sawangan Magelang Melakukan Evakuasi Tanah Longsor Jalur Ketep Boyolali 

Tribratanewspoldajateng.com, Magelang  – Hujan yang turun cukup lebat di lereng gunung Merapi dan Merbabu tepatnya di Wilayah Sawangan ( 17/1) mengakibatkan tebing di Dusun Gondang Desa Ketep Sawangan Magelang longsor dan menutup aset jalan raya Ketep Boyolali.

Kapolsek Sawangan Ajun Komisaris Polisi Supriyanto mengatakan bahwa tebing yang longsor dengan ketinggian 15 meter dan panjang 15 meter, ketebalan tanah longsoran hingga mencapai 4meter, sehingga untuk sementara arus kendaraan arah ke boyolali sebaliknya tidak bisa dilalaui.

Untuk memperlancar arus kendaraan Polsek Sawangan bersama sama dengan BPBD, Relawan dan masyarakat telah bersama sama mengadakan gotong royong guna evakuasi tanah longsoran tersebut dengan cara manual, selanjutnya guna mempercepat memindahkan tanah tersebut dari DPU telah mendatangkan alat berat sehingga kini jalan telah bisa di lalui. Rabu,( 18/1)

Longsoran pertama kali diketahui oleh Surono Salah satu relawan empat sekawan mendapatkan laporan dari warga yang saat itu melintas dengan berkendara  sampai di lokasi mengetahui jalan telah tertutup longsoran tanah, untuk selanjutnya bersama relawan lainya melakukan penyisiran di lokasi dan selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke polsek Sawangan.

AKP Supriyono menyampaikan bahwa dilokasi tersebut masih ada retakan tanah sepanjang 7 meter lebar 5 meter dari bibir tebing kurang lebih 3 meter, bagi warga masyarakat maupun pengendara yang melintas di sekitar jalan tersebut untuk berhati hati apa lagi di saat turun hujan  , karena sewaktu waktu bisa terjadi longsoran susulan, tegas Priyono.

Penulis : Wahyu Humas Res Magelang.

Berita Terkait