BinkamFeaturedFrameGiat OpsHeadlineMitra Polisi

Polisi Polrestabes Semarang yang berbagi Gratiskan Soto Setiap Hari Jumat

jateng.tribratanews.com/ – Aiptu Suprapto (45), anggota Unit Provos Sie Propam Polrestabes Semarang. Ia menggratiskan paket soto komplet di warungnya kepada semua pengunjung setiap hari Jumat.

Ada tulisan ‘Gratis nasi soto setiap hari Jumat’ di dekat kasir dan di spanduk di dalam warung. Ketika datang ke warung tersebut dan memesan soto pada hari Jumat maka akan disuguhi paket lengkap soto beserta tempe goreng dan sate daging, kerang, atau telur.

Lokasi warungnya berada di belakang tempat wisata Lawang Sewu. Namanya Warung Soto Lawangsewu dengan bangunan kios dominan putih dan bersih dibanding warung lainnya, Saat waktunya membayar, maka kasir hanya akan menghitung minum yang dipesan. Pelanggannya pun terus berdatangan untuk menikmati soto khasSemarang itu secara gratis.

“Ini sudah setahunan gratisnya. Memang hari Jumat, karena hari berkah,” kata Suprapto kepada detikcom, Jumat (13/1/2017).

Suprapto menceritakan, ia sudah usaha berjualan Soto bersama istrinya, Emy Sulistiyati (45) sejak 10 tahun lalu. Mereka sempat pindah kios meski masih berada satu gang yang sama. Di warung yang baru, pasangan itu kemudian berpikiran untuk berbagi rezeki.

“Dulunya kami keliling bagi-bagi nasi kotak ke Pasar Bulu, Poncol, Tugu Muda, ya keliling habis Salat Jumat. Yang dikasih ya tukang becak, tukang gendong belanjaan di pasar, yang seperti itu,” ujarnya.

Niat berbaginya itu ternyata terkendala karena terkadang ia harus berdinas atau istrinya sedang ada kegiatan. Mereka harus meminta bantuan empat karyawannya di warung.

Karena sudah berniat, Suprapto dan Emy mencari cara agar tetap bisa bersedekah setiap Jumat. Akhirnya diputuskan untuk menggratiskan menu soto lengkap dengan lauk bagi siapa saja yang datang.

“Awalnya kita bagi-bagi selebaran agar tahu ada soto gratis setiap Jumat di sini,” ujar Emy.

Untuk soto gratis setiap Jumat, biasanya bisa disuguhkan sebanyak 250 porsi dan itu sudah habis sekitar jam 12.00 WIB. Konsumennya karyawan perkantoran, wisatawan Lawang Sewu, dan orang-orang yang berkegiatan di sana.

“Semua kalangan yang makan. Di sini kan tempat wisata, jadi banyak yang datang dari berbagai daerah. Ini di depan kan juga jadi tempat parkir wisatawan,” imbuh Suprapto.

Salah satu pelanggan, Menik (52) mengaku sempat kaget ketika pertama kali ada soto gratis hari Jumat. Saat akan membayar, ternyata yang dihitung hanya minumannya saja.

“Saya sebelum ada gratisan sudah sering makan di sini. Pas pertama kali tahu, saya tidak baca ada tulisan gratis itu,” katanya. “Sotonya enak, pelayanannya juga bagus, dan bersih tempatnya,” imbuh pelanggan lain, Indra.

Warung milik Suprapto yang dulunya hanya menjual soto, kini menjual menu lainnya dengan harga yang murah meski berdekatan dengan tempat wisata. “Saya tidak langsung beda harganya karena dekat tempat wisata, seperti ini saja,” tegasnya.

Aiptu Suprapto dan Emy memang pekerja keras dan senang membantu sesama. Meski memiliki karyawan, Suprapto kadang membantu melayani pengunjung ketika tidak berdinas. Bahkan setiap pagi ia berbelanja bahan masakan sebelum berangkat bertugas.

PID Bidhumas Polda Jateng

#agussaibumi

Berita Terkait